0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bulan Pengurangan Resiko Bencana, BPBD Klaten Gelas Apel Siaga

timlo.net/aditya wijaya

Sejumlah pelajar mengikuti simulasi Bulan Pengurangan Resiko Bencana di Klaten

Klaten — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menggelar apel siaga relawan kebencanaan, Selasa (8/9). Apel diikuti ratusan relawan ini berlangsung di halaman Pendopo Pemkab Klaten.

“Apel ini digelar dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Resiko Bencana,” ungkap Kasi Rekonstruksi BPBD Klaten, Nur Tjahjono, Selasa (8/9).

Apel dimulai pukul 13.30 WIB itu, Pemkab Klaten juga menyerahkan bantuan lima unit gergaji mesin dan puluhan pelampung kepada para relawan mitra BPBD Klaten. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanganan kebakaran sebuah pabrik.

Dari pantauan Timlo.net, petugas pemadam kebakaran (Damkar) memadamkan api dengan menyemprotkan tabung Fire Extinguisher dan karung basah. Kemudian, dua anggota lainnya mengenakan alat bantu pernapasan SCBA (Self Contains Breathing Aparatus) menggendong satu per satu karyawan yang terjebak di dalam pabrik.

Pasalnya, api juga menyebabkan kebocoran gas. Disisi lain, belasan pelajar SMA/SMK bergerak cepat mendirikan sebuah tenda berukuran besar. Hal itu dilakukan agar korban yang diduga keracunan gas dapat segera mendapat pertolongan.

“Selain Kodim, Polres, Dinas Perhubungan, Satpol PP, kami juga melibatkan tiga SSB (Sekolah Siaga Bencana), yakni SMAN 1 Karanganom, SMK Muhammadiyah 2 Klaten dan SMKN 1 Tulung. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mitigasi bencana,” imbuh Nur.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge