0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwascam Mulai Bersihkan APK Liar

timlo.net/putra kurniawan

Anggota panwaslu Sukoharjo Muladi Wibowo

Sukoharjo — Pawaslu Sukoharjo menginstruksikan kepada Panwascam untuk membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) liar yang masih banyak tersebar di sejumlah desa. Ditargetkan akhir pekan ini seluruh kecamatan bersih dari APK yang tidak sesuai ketentuan.

“Kita instruksikan Sabtu kemarin, dan saat ini sudah dimulai di Kecamatan Gatak dengan membersihkan puluhan APK liar, kecamatan lain besok mulai bergerak,” kata Anggota Panwaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo, Selasa (8/9).

Panwaslu mengagendakan minggu pertama khusus menertibkan APK yang dipasang tidak sesuai pada tempatnya. Di sejumlah daerah masih terlihat banyak APK ataupun alat peraga sosialisasi pasangan calon ditempel di pohon maupun di gang-gang kampung.

Sedangkan sesuai ketentuan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pasal 72 PKPU No.7 Tahun 2015, APK dicetak oleh KPU, sedangkan opemasangannya ditentukan sesuai kesepakatan. Pasangan calon hanya diperbolehkan mencetak sendiri sejumlah item bahan kampanye dengan nilai tidak lebih dari Rp 25 ribu.

“Aturannya sudah jelas, diluar yang dicetak KPU itu melanggar, jadi kita tertibkan dan kiat targetkan minggu ini selesai di 12 kecamatan, demi berjalannya proses demokrasi di Sukoharjo,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge