0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tawarkan Bantuan Hukum, LBH Mawar Saron Jalin Kerjasama dengan Rutan Solo

timlo.net/achmad khalik

Pendiri LBH Mawar Saron, Hotma Sitompoel bersama dengan Karutan Solo, R Andika

Solo — Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mawar Saro menjalin kerjasama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Solo untuk meringankan beban masyarakat miskin yang menghadapi perkara hukum. Kerjasama tersebut, ditandai dengan penandatangan MOU dari kedua belah pihak.

“LBH harusnya membantu masyarakat yang tidak mampu tanpa memungut biaya sepeserpun,” terang pendiri LBH Mawar Saron, Hotma Sitompoel, Selasa (8/9).

Setiap pelaku kejahatan, kata Hotma, pasti memiliki kesalahan. Namun, mereka harus mengaku bersalah kepada Tuhan. Pelaku juga harus jujur kepada pengacara agar dapat meringankan hukumannya. Selain itu, terkadang kejahatan yang mereka lakukan lantaran terpaksa atau dijebak.

“Tak ada manusia yang melakukan kejahatan secara tiba-tiba. Pasti ada faktor pendorongnya,” terang Hotma.

Disinggung kondisi di dalam Rutan Solo, pengacara kondang Indonesia itu mengaku, mengapresiasi upaya yang telah dilakukan para petugas. Pasalnya, tiap napi yang berada di Rutan diberi bekal ketrampilan supaya mereka tidak kembali kejalan kejahatan.

“Menurut saya bagus, disini mereka diberi bekal ketrampilan. Ini berguna ketika mereka telah bebas untuk memulai usaha,” jelas Hotma.

Sementara, Karutan Solo, R Andika mengatakan, ada sejumlah poin perjanjian yang disepakati dengan LBH Mawar Saron. Yakni LBH yang di bawah binaan Hotma Sitompoel tersebut akan membantu proses hukum tahanan yang masih dalam proses. Terutama tahanan yang tidak mampu. Selain itu pihak LBH akan membantu memberi pembinaan dan pemahaman hukum agar para warga binaan tidak kembali lagi melakukan kesalahan pelanggaran hukum.

“Saat ini total yang tinggal di Sini ada 480 orang. Sedangkan yang masih berproses hukum dan berstatus tahanan ada 240 orang,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge