0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Desain APK Paslon, AFi Gaet Tim dari Bandung, Rudy Gunakan Tim Berpengalaman

timlo.net/daryono

Baliho paslon di kawasan Purwosari

Solo — Alat peraga kampanye (APK) masing-masing pasangan calon walikota dan calon wakil walikota yang diproduksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai terpasang di titik-titik Kota Solo. Namun, siapakah arsitek dibalik desain APK itu ?

Pasangan Anung Indro Susanto – M Fajri (AFi) mengaku mendatangkan tim khusus dari Bandung, Jawa Barat, untuk membuat desain APK AFi. Pembuatan desain didahului dengan melakukan survei di masyarakat.

“Desain APK AFI dikerjakan oleh tim dari Bandung. Desain berdasarkan hasil survei tertinggi di masyarakat tentang isu yang menarik. Ada persoalan bola, banjir dan kemacetan,” kata Sekretaris Tim Pemenangan AFi, Supriyanto kepada wartawan, Selasa (8/9).

Supri mencontohkan, salah satu APK AFi bergambar pasangan AFi dengan gambar samping jalan layang kereta. Desain itu dimaksudkan icon Solo menjadi kota besar dengan adanya monorel untuk mengatasi kemacetan. Desain APK diharapkan bisa membidik tiga segmen pemilih yakni pemilih tradisional, rasional dan emosional.

“Jadi, desain APK itu tidak asal-asalan. Tetapi dengan muatan yang memenuhi keinginan masyarakat,” ungkap dia.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo (Rudy-Purnomo), Putut Gunawan mengaku tidak menggandeng tim khusus untuk membuat desain APK Rudy-Purnomo. Desain APK dikerjakan oleh Tim Sekretariat PDIP yang dinilai sudah berpengalaman mengerjakan desain APK saat pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, tahun lalu.

“Kami tidak memiliki uang untuk menggandeng konsultan buat mendesain APK. Soal muatannya tercermin dari gambar baju lurik yang menandakan kesederhanaan dan caping sebagai simbol pengayom,” beber dia.

Adapun soal warna, dari hasil survei DPD PDIP Jawa Tengah, masyarakat Solo lebih menyukai warna merah. Warna itu dipadu dengan kuning sebagai penanda dukungan Golkar kepada Rudy-Purnomo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge