0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Budaya Kerja PNS Bagus, Masyarakat Puas

dok.timlo.net/nanin
Sosialisasi budaya kerja PNS di Boyolali. (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat tidak lepas dari kinerja PNS. Budaya kerja PNS yang bagus akan menciptakan birokrasi yang produktif sehingga layanan ke masyarakat akan optimal. Hal tersebut disampaikan Sekratris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setiawan dalam sosialisasi budaya kerja di Boyolali.

“Memang tidak mudah menciptakan budaya kerja yang baik karena harus ada komitmen yang kuat dari pimpinan,” ujarnya di hadapan PNS Pemkab Boyolali, Selasa (8/9).

Selain itu, dengan budaya kinerja yang baik akan menciptakan good governance. Dalam mewujudkan good government, membutuhkan komitmen pimpinan yang kuat untuk menciptakan iklim budaya kerja yang baik dan konsisten.  Paling tidak membutuhkan proses tiga bulan untuk mencapai budaya kerja yang bagus.

“Butuh waktu 3 bulan untuk menciptakan budaya kerja yang baik,harus dimulai dari nol,” tambahnya.

Untuk menerapkan budaya kerja ini, pimpinan harus melakukan pemaksaan bagi PNS untuk merubah budaya kerja mereka selama ini. Seperti dicontohkan di Kabupaten Demak, pihaknya mengalami banyak kendala. Namun karena komitmen yang kuat dari pimpinan untuk melakukan reformasi birokrasi, akhirnya berhasil.

“Kita bahkan mendapat predikat sebagai kabupaten terbaik tingkat Jateng,” tambahnya.

Dijelaskan, budaya kerja yang baik membutuhkan kedisiplinan waktu, etos kerja, efisiensi, serta menciptakan situasi kerja yang baik bahwa kerka bekerja itu bukan karena pimpinan, namun merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab  untuk mengabdi kepada bangsa, negara dan masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge