0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SD Sambut Haornas dengan “Udhing”

Siswa SD bermain lompat tali di Alun-alun Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

 

Sukoharjo — Puluhan siswa SD Sugihan I, Sukoharjo menggelar aksi menyembut Hari Olahraga Nasional (Haornas) dengan bermain lompat tali. Permainan tradisonal ini juga dinilai sebagai olahraga yang murah dan menyenangkan.

“Lompat tali dalam bahasa sehari-hari kita disebut udhing ini permainan yang menyehatkan, sehingga olahraga yang menyenangkan dan murah ini harus dilestarikan agar tidak punah,” kata Guru SD Sugihan I, Mursidi, Selasa (8/9).

Aksi diawali dengan merangkai gelang karet menjadi tali karet sepanjang tiga meter. Setelah menjadi tali, karet dibawa ke tengah Alun-alun Kota Sukoharjo untuk bermain lompat tali atau udhing secara berkelompok.

Aksi ini sengaja dilakukan untuk memasyarakatkan permainan tradisional ini kepada masyarakat umum. Pasalnya, sudah sangat jarang udhing ini dimainkan oleh anak-anak, padahal banyak manfaat dengan memainkannya.

“Salah satu manfaat permainan ini bisa menyehatkan badan, karena banyak gerakan teratur seperti orang berlari, jadi bisa dikatakan sebagai olahraga sekaligus bermain,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge