0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Aksara, Siswa Ikuti Lomba Cerita Isi Buku

dok.timlo.net/tyo eka
SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo menggelar Lomba Cerita Isi Buku (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo menggelar Lomba Cerita Isi Buku dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional atau Hari Literasi Sedunia 2015, di Solo, Selasa (8/9).

Humas SMP Muhammadiyah PK Solo, Hendro Susilo, mengatakan lomba digelar, salah satunya untuk memotivasi para siswa agar gemar membaca, sekaligus melatih kemampuan siswa dalam meresensi buku kemudian menyampaikannya kepada teman-temannya.

“Peserta diberi kebebasan memilih buku yang dipresentasikannya kepada teman-temannya dan juri lomba,” jelas Hendro kepada wartawan.

Melalui presentasinya, peserta lomba dinilai antara lain dari dua poin, yaitu tulisan atau resensi buku dan cara penyampaian.

Sementara itu, Danika Pinandita Mangkupraja (13), siswa Kelas VIII B dalam lomba memperkenalkan buku Rumah Tanpa Jendela yang ditulis Asma Nadia. Dari buku itu, ia mengisahkan persahabatan antara dua anak, yakni Rara dan Aldo, yang memiliki latar belakang keluarga yang berbeda.

Rara adalah seorang anak pemulung yang tinggal di perkampungan pemulung dengan rumah yang kecil berdinding tripleks bekas, bersama ayah dan neneknya. Sedang Aldo, adalah anak pengusaha sukses. Namun, Aldo adalah anak yang sedikit terbelakang, merindukan seorang teman di tengah keluarganya yang sibuk dengan urusannya masing-masing.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge