0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demo, Warga Lalung Minta Tower Dirobohkan

dok.timlo.net/nanang trahadian
Warga demo meminta tower di lingkungannya dirobohkan (dok.timlo.net/nanang trahadian)

Karanganyar — Puluhan warga Dukuh Ngalihan, RT 04/ RW 01 Kelurahan Lalung, Karanganyar turun ke jalan. Massa yang kebanyakan ibu rumah tangga itu memprotes keberadaan tower telekomunikasi di wilayah mereka, Selasa (8/9). Pasalnya, selain membahayakan, warga juga tidak pernah tanda tangan untuk perpanjangan ijin tower.

“Pokoknya harus dirobohkan, tower ini sudah membahayakan warga,” teriak Wagiyem.

Wagiyem menceritakan, saat tower ini masih berfungsi, setiap hujan petir selalu menyambar dan merusakkan sejumlah peralatan elektronik. Bahkan petir seperti menyala di atas jalan.

“Pohon mangga di sebelah tower itu sampai mati karena kena petir,” kata Wagiyem.

Wagiyem mengatakan warga tidak pernah diajak bicara terkait pendirian tower tahun 2006 silam. Bahkan warga seperti ditipu karena tidak pernah diberitahu akan di bangun tower telekomunikasi.

“Sebagian warga hanya dikumpulkan kemudian diberi uang Rp 200 ribu dan diminta tanda tangan. Kami nggak tau ini uang untuk apa dan tanda tangan untuk apa,” jelas Wagiyem.

Beberapa hari berikutnya, lanjut Wagiyem, pekerja proyek langsung mendatangkan alat berat dan membangun tower.

Hal senada diungkapkan Wido Tularjo (57), setelah masa ijin habis, warga sepakat tidak mau memperpanjang ijin lingkungan yang harus dikantongi oleh pihak tower. Warga bersikukuh tower tetap harus dirobohkan.

“Katanya ijinnya sudah ada, padahal warga tidak pernah tanda tangan untuk perpanjangan ijin,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge