0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPPM UNS Gencar Pasarkan Hasil Research

Penandatanganan kerjasama antara LPPM UNS dengan kalangan pengusaha dunia Industri di Solo (dok.timlo.net/eddy j sutopo)
Solo – Sudah saatnya hasil penelitian akademis yang dilakukan civitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) perlu disebarluaskan ke kalangan industri komersial. Sehingga memiliki dampak secara nyata bagi pengembangan dunia industri di segala bidang. Dengan demikian hasilnya dirasakan masyakat awam di luar dunia pendidikan.
Hal itu dikemukakan Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Widodo Muktiyo dalam pembukaan lokakarya Spin Off Pemasaran Produk Hasil Penelitian Pada Dunia Industri, Senin (7/9) di Hotel Syariah, Colomadu.
“Sudah waktunya hasil penelitian yang dihasilkan oleh LPPM UNS dipasarkan ke kalangan pelaku dunia industri di Solo. Tidak hanya dipasarkan di Solo, tapi kami telah menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan Industri di Indonesia,” ujar Widodo.
Menurut dia, hasil-hasil penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNS tidak hanya di bidang sosial, tetapi juga di bidang rekayasa enginering dan kedokteran aplikatif.
“Kontribusi LPPM tidak hanya berkutat di bidang penelitian sosial, tetapi juga rekayasa enginering dan kedokteran aplikatif. Sehingga penelitian dasar dan humaniora disejajarkan dengan bidang kedokteran aplikatif,” katanya.
Ditemui di terpisah, Ketua LPPM UNS Sulistyo Saputro mengatakan, UNS telah banyak melakukan penelitian dan menghasilkan temuan aplikatif, namun sayangnya masih belum diketahui masyarakat umum secara luas.
“Peran media massa sangat penting untuk memberitakan hasil temuan research. Salah satu contohnya yaitu temuan baru pengembangan bahan baku pembuatan battrey litium yang telah diakui dunia industri,” ujar dia.
Selain itu, ujar Sulityo menambahkan, temuan di bidang kedokteran aplikatif yakni pengembangan bahan fabrikasi material hidroksiapatit (HA) dari bahan biokeraik sebagai materi pengisi tulang. Hasilnya material bovinehidroksiapatit scaffold yang dilapisi shellac dapat digunakan pengisi tulang di dunia ortopedi
 “Hasilnya dapat digunakan sebagai material pengisi tulang atau bone filler di bidang kesehatan ortopedi. Penelitian itu dilakukan oleh Joko Triyono,” katanya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge