0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinding Candi Sukuh Tertembus Akar Pohon

Candi Sukuh dibongkar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Perubahan lingkungan merupakan faktor umum amblesnya beberapa titik Candi Sukuh, Karanganyar. Sebab perubahan lingkungan berpengaruh pada pondasi candi. Selain itu beberapa dinding candi juga tertembus akar-akar pohon di sekitar candi yang semakin membesar.

“Penyebab paling umum biasanya air. Kalau ekosistem sekitar candi berubah, terjadi penebangan pohon intensif, otomatis air akan masuk dan mempengaruhi pondasi,” kata Arkeolog dari Universitas Gajah Mada (UGM) Niken Wirasanti, Sabtu (5/9).

Sedangkan akar pohon yang menembus dinding Candi Sukuh, menurutnya tidak termasuk penyebab yang signifikan. Namun jika itu tidak ditangani, keberadaan akar itu ke depan berpotensi merusak candi lebih parah.

“Kalau kasus di Candi Sukuh, akar pohon menembus salah satu sisi dinding candi, Posisi akar itu di antara lapisan batu luar dan lapisan batu dalam,” kata Niken.

Niken mengatakan, tim ahli akan mencari solusi bagaimana memperlakukan akar pohon itu, agar ada penanganan tepat saat dilakukan pengembalian lapisan luar candi ke bentuk semula.

“Sebab kalau pohon langsung dihilangkan, juga tidak mungkin karena keberadaannya diperlukan untuk mengikat air dalam tanah. Perlu rekayasa untuk memperlakukannya dengan tepat. Itu nanti akan kami diskusikan,” tuturnya.

Koordinator Tim Pemugaran Sudarno mengatakan, banyak hal menarik yang perlu diteliti dalam pemugaran Candi Sukuh. Termasuk diketahuinya lapisan dalam candi, yang selama ini tertutup lapisan luar yang terdiri dari empat lapis.

“Untuk tahun ini, setelah pemugaran empat lapis selesai, akan dilakukan penelitian serta penguatan empat lapis candi di bagian bawah. Untuk yang bagian atas, akan dilakukan tahun depan,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge