0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minta Hujan, Warga Tunjungan Gelar Sedekah Bumi

timlo.net/agung widodo

Acara sedekah bumi warga Dukuh Tunjungan, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Minggu (7/9).

Sragen – Musim kemarau panjang membuat ratusan warga Dukuh Tunjungan, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan menggelar tradisi sedekah bumi dan memohon hujan. Mereka juga berdoa agar diberi keselamatan dan kemakmuran dengan mendapatkan hasil pertanian melimpah.

“Sejak beberapa bulan terakhir, Sragen mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Dengan upacara sedekah bumi ini diharapkan segera turun hujan,” kata Camat Sambungmacan, Bambang Eko Budi Santoso saat mengadiri acara tersebut, Minggu (7/9).

Bambang mengatakan, selain menjadi bagian dari tradisi bersih desa, acara itu juga untuk melestarikan adat budaya di Dukuh Tunjungan. Kegiatan sedekah bumi sekaligus menjadi sarana untuk membangun kerukunan dan kebersamaan warga setempat. Hal itu terlihat dalam bentuk simbolis acara makan bersama dalam kegiatan kenduri ageng yang digelar warga.

Acara tersebut digelar tidak jauh dari sebuah sumber mata air desa yang memang dalam kondisi kering lantaran musim kemarau. Dalam kenduri besar itu warga juga terlihat membawa sejumlah aneka makanan dan tumpeng.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge