0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

60 Hektar Hutan Merbabu Hangus Terbakar

Hutan Gunung Merbabu terbakar (dok.timlonet/nanin)

Boyolali — Api yang membakar gunung Merbabu selama dua hari, berhasil dipadamkan. Setidaknya api menghanguskan 60 hektar lahan. Terakhir, petugas berhasil memadamkan api di tebing hutan Merbabu di atas Dusun Tritis, Lencoh, Selo, Boyolali, Senin (7/9).

“Api yang di kawasan batu tulis, dekat sabana 1 dan kawasan hutan blok pentur barat pos 2 di atas Dukuh Genting, Tarubatang, dan Dukuh Selowangan, Selo, dapat dipadamkan tim gabungan sejak Minggu siang,” ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya.

Dijelaskan, ada 100 petugas dari berbagai unsur yang ikut terlibat dalam pemadaman di Gunung Merbabu.  Diantaranya, dari unsur BPBD, BTNGMb, TNI, Polri, dan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), Komunitas Indepent Relawan (KRI), dan Tim Siaga Desa Samiran, Selo.

“Kita masih gunakan cara manual dengan cara gepyok,” imbuhnya.

Lahan yang terbakar paling banyak di kawasan bukit Krangean di bawah pos Batu Tulis, sekitar 2,5 kilometer di atas permukiman warga Dukuh Kajor dan Dukuh Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo. Api menghanguskan rerumputan, perdu dan tanaman edelweis. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Sementara itu, meski api berhasil dipadamkan, namun relawan dari Masyarakat Peduli Api (MPA) masih melakukan patroli dan pemantauan di sejumlah titik api, untuk memastikan dan mengantisipasi kemungkinan munculnya titik api baru.

“Masih terus patroli di lokasi titik api, untuk berjaga-jaga bila muncul titik api lagi,” tandasnya.

Kebakaran yang terjadi Sabtu kemarin, merupakan yang kedua kalinya selama musim kemarau. Titik api pertama kali terlihat di Dusun Tritis, Desa Jrakah, Selo, Sabtu siang (5/9). Titik api pertama kali diketahui muncul dari wilayah bukit Krangean di bawah pos Batu Tulis, sekitar 2,5 kilometer di atas Dukuh Kajor dan Dukuh Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge