0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Regulasi Pembangunan Kilang Minyak Tengah Dimatangkan

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Pemerintah akan mengeluarkan aturan untuk mempercepat realisasi pembangunan kilang minyak. Pasalnya, rencana pembangunan kilang minyak selama ini selalu gagal lantaran tingginya biaya dan pemerintah tidak menyetujui permintaan sejumlah insentif investor.

“Kami akan segera terbitkan Peraturan Presiden tentang kilang minyak,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, Senin (7/9).

Dia menegaskan penerbitan Perpres ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan kilang minyak Indonesia. Saat ini kilang minyak yang ada di Indonesia sudah tua.

“Dalam 10 tahun ke depan kita butuh empat kilang dengan kapasitas 300.000 barel per hari (bph) per kilang,” kata dia.

Wiratmaja menambahkan Perpres pembangunan kilang tersebut akan menjadi dasar hukum dan pedoman. Dalam Perpres tersebut akan diberikan empat opsi pembangunan kilang minyak yaitu, dibangun badan usaha, kerja sama antara pemerintah dan badan usaha, penugasan khusus kepada PT Pertamina (Persero) atau dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Diharapkan dengan terbitnya Perpres ini kita bisa cepat bangun kilang, dan ketahanan energi bisa naik. Kedua, penguasaan teknologi di bidang energi sebagai negara besar kita harus kuasai energi pengolahan yang semakin punch. Ketiga, menimbulkan nilai tumbuh, agar pertumbuhan ekonomi bisa naik. Keempat, menciptakan lapangan kerja,” jelas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge