0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelapor Penipuan CPNS Jadi Tersangka

dok.timlo.net/nanang rahadian
Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibod memperlihatkan barang bukti penipuan CPNS (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pelapor kasus penipuan 66 orang CPNS itu, Mulyo Partono, ditetapkan sebagai tersangka. Dia diduga terlibat dalam upaya penipuan dan penggelapan yang dilakukan tersangka Sunardi yang kini tengah menjalani proses persidangan.

“Iya betul yang bersangkutan sudah ditahan. Sekarang proses pemberkasan. Nanti kalau sudah lengkap akan kami kirim ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar,” ungkap Kasat Reskrim Polres Karanganyar, AKP Andry Ilyas, kemarin.

AKP Andry mengatakan, tersangka Mulyo Partono diduga berperan sebagai perantara dalam kasus yang merugikan sekitar 66 orang. Mulyo Partono bertugas menyetorkan uang dari 66 orang tenaga honorer K1 dan K2 senilai total Rp 2,826 miliar. Uang itu disetor ke sejumlah rekening di BRI, BCA, dan Mandiri. Dari situ, muncul dugaan bahwa MP berperan sebagai perantara antara 66 orang tenaga honorer K1 dan K2 itu dengan Sunardi.

“Masih terus kita periksa untuk melengkapi berkas sebelum kita limpahkan ke Kejari,” jelas Andry.

Sementara itu, terdakwa kasus penipuan calon CPNS, Sunardi telah menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Kamis (3/9) lalu. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar mendakwa Sunardi menggunakan dua pasal itu.

“Sunardi terbukti melanggar. Dia didakwa pasal 378 KUHP dan 372 KUHP. Proses persidangan akan dilanjutkan pekan depan dengan menghadirkan 12 saksi pelapor. Tidak ada pengajuan eksepsi,” kata JPU Kejari Karanganyar, Dita Ardian.

Sidang perdana dipimpin Nurul Hidayah. Sunardi hadir didampingi pengacaranya, Baris Lamhot Simanjuntak. Baris menuturkan tidak akan mengajukan eksepsi.

“Kami tidak mengajukan eksepsi karena jarang sekali majelis mengabulkan materi eksepsi. Kami silakan JPU menghadirkan saksi-saksi pada persidangan berikutnya,” ujar Baris Lamhot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge