0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Misteri Candi Sukuh Belum Terungkap

dok.timlo.net/nanang rahadian
Candi Sukuh dibongkar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Selain fakta bahwa Candi Sukuh dibangun tanpa pengait batu, temuan menarik lainnya adalah penemuan Antefik di bawah tangga dan tertimbun tanah. Padahal biasanya, antefik ini terdapat di sisi luar candi. Tim memperkirakan masih banyak misteri Candi Sukuh yang belum terungkap.

“Antefik adalah hiasan candi berbentuk segitiga, tertimbun tanah di bawah tangga menuju puncak candi. Padahal antefik biasanya diletakkan di luar candi,” kata arkeolog dari Universitas Gajah Mada (UGM) Niken Wirasanti, Sabtu (5/9).

Di luar, lanjut Niken, tim menemukan dua antefik. Namun yang membuat tim pemugaran heran artefik juga ditemukan di dalam candi. Hal itu berbeda dengan candi-candi lainnya yang pernah dia pelajari.

“Ya memang agak aneh dari candi-candi lain yang pernah saya pelajari,” kata Niken.

Temuan itu akan dikaji tim ahli, karena memunculkan sejumlah dugaan. Antara lain kemungkinan dilakukan penambahan bangunan pada Candi Sukuh, perubahan bentuk bangunan, dan sebagainya.

“Dengan temuan antefik ini, akan jadi kajian, apakah dulu bentuk asli Candi Sukuh sudah seperti ini, atau ada penambahan-penambahan, ini yang akan diteliti dan dikaji,” jelasnya.

Tim ahli mengusulkan pemugaran tidak perlu menyentuh batu periode pertama dan tanah uruk. Karena sangat riskan jika candi roboh karena sulit untuk mengembalikan seperti aslinya.

“Bukan karena takut ada apa-apa. Tetapi, aspek akademis riskan. Kalau dibuka, ternyata tanah rapuh. Nanti malah terima bongkar, enggak terima pasang. Tanggung jawab kepada anak cucu besar,” kata Niken.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge