0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kekerasan Terhadap Anak Dilakukan oleh Orang Terdekat

dok.timlo.net/ist
Kampanye stop aksi kekerasan termasuk penganiayaan terhadap anak perlu terus digalakkan (dok.timlo.net/ist)

Solo — Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bappermas PP PA dan KB) Pemkot Solo bakal meluncurkan program keluarga ramah anak. Program ini diluncurkan untuk memenuhi hak-hak anak di setiap keluarga. Selain itu juga sebagai bentuk keprihatinan atas meningkatnya kekerasan anak di keluarga.

“Tingkat kekerasan anak cenderung meningkat, kalau angkanya berapa saya kurang hafal, nanti kita lihat datanya,” ungkap Kabid Perlindungan Anak, Bappermas PP PA dan KB setempat, Supraptiningsih, Minggu (6/9).

Dirinya menyampaikan yang lebih memprihatinkan adalah bahwa kekerasan terhadap anak ini dilakukan oleh orang-orang terdekat. Padahal seharusnya anak dilindungi dan diberikan hak-haknya.

“Anak ini memiliki hak yang harus dipenuhi oleh orang tua, misal hak untuk memperoleh pendidikan, memperolah kasih sayang, dilindungi, dan lainnya, karena itu program ini untuk mengingatkan orang tua untuk lebih tahu tentang hak anak ini,” katanya.

Program ini nantinya akan menyasar pemenuhan hak-hak anak melalui forum anak kota Surakarta, berbagai penyuluhan pendidikan dan fasilitas dipenuhi untuk mewujudkan solo kota ramah anak dan kota layak anak.

Saat ini pemerintah kota sedang menyusun konsep program keluarga ramah anak. Konsep yang telah matang akan segera disosialisasikan melalui posyandu dan kelurahan. Program ini rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2016 mendatang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge