0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Proyek Jalan Digelontor Dana Miliaran Rupiah

timlo.net/nanin

Jalan Randusari-Kopen, Teras mendapat kucuran anggaran perbaikan di APBD Perubahan 2015

Boyolali — Pemkab Boyolali kembali menguyur anggaran miliaran Rupiah terhadap tiga proyek infrastruktur. Alokasi anggaran tersebut diambilkan di APBD Perubahan 2015. Tiga proyek jalan tersebut, pembangunan Jalan Sudirman di komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali di Kemiri, Mojosongo, perbaikan Jalan Randusari-Kopen, Teras, dan perbaikan Jalan Ngrancah Kulon-Musuk.

“Tiga proyek tersebut belum selesai, jadi kami alokasikan dana tambahan,” ungkap Kabid Bina Marga DPU ESDM Boyolali, Sunyoto Widodo, Minggu (6/9).

Dijelaskan, untuk alokasi anggaran terhadap tiga proyek jalan tersebut, pembangunan Jl Sudirman kembali mendapat alokasi anggaran senilai Rp 3,76 Miliar pada APBDP tahun ini, pada tahap pertama mendapat alokasi anggaran Rp 1,95 M. Untuk Jalan Randusari-Kopen yang sebelumnya sudah mendapat alokasi anggaran Rp 2,26 Miliar, pada APBDP digelontor Rp 1,96 Miliar. Untuk perbaikan jalan Ngrancah Kulon-Musuk, digelontor dana Rp 1,52 Miliar atau lebih tinggi dari alokasi dana perbaikan tahap I senilai Rp 1,43 Miliar.

“Tapi kemungkinan anggaran yang kita tambahkan masih kurang, nanti kita anggarkan lagi di APBD 2016,” tambahnya.

Dijelaskan juga,tahun ini semua perbaikan jalan memakai rigid beton. Hal ini ditujukan agar usia jalan bisa lebih lama paling tidak sampai lima tahun. Meski resiko anggaran yang dikeluarkan sangat besar. Seperti diketahui, penyebab utama kerusakan jalan di Boyolali adalah maraknya angkutan berat dan truk yang melebihi tonase.

“Kekuatan jalan di Boyolali hanya 8 ton, tapi truk nekat membawa muatan 13 ton hingga 14 ton,” imbuhnya.

Ditambahkan, selain tiga proyek diatas, DPU ESDM juga mengalokasikan anggaran untuk perbaikan infrastruktur jalan di wilayah lain. Seperti, perbaikan jalan rusak akibat longsor di Kendel, Kemusu, senilai Rp 689,78 Juta, perbaikan jalur Teras-Krasak senilai Rp 1 Miliar, perbaikan jalan Simo-Klego senilai Rp 1,96 Miliar, dan perbaikan jalan Ngangkruk-Sanggung, Sawit senilai Rp1,96 Miliar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge