0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Gunung Merbabu Kembali Terbakar

timlo.net/nanin

Hutan Gunung Merbabu kembali terbakar

Boyolali — Kawasan hutan Gunung Merbabu kembali terbakar, hingga Minggu (6/9), api belum berhasil dipadamkan. Medan yang terjal dan curam menyulitkan petugas melakukan pemadaman. Sementara titik api pertama kali terlihat di kawasan hutan di Dukuh Tritis, Desa Jrakah, Selo.

“Api pertama kali diketahui Sabtu siang, kita langsung upayakan pemadaman hingga hari ini,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Minggu (6/9).

Dijelaskan, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, SAR, TNI, Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI, Polri, dan masyarakat sekitar kawasan hutan, tengah fokus berupaya memadamkan api. Pemadaman api dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan bilah bambu dan parang.

“Kita lokalisir api, jangan sampai merembet ke hutan dekat dengan pemukiman warga,” tambahnya.

Selain terkendala medan, petugas juga terkendala angin kencang yang berimbas pada api cepat membesar. Kondisi ini mengakibatkan api di beberapa titik belum berhasil dipadamkan. Selain itu, api yang semula tampak di Dusun Tritis, merembet ke Batu Tulis. Sementara hembusan angin yang kuat, membuat api dengan cepat menjalar kebeberapa lahan hutan yang didominasi vegetasi tumbuhan dan rumput sabana.

“Lokasi titik api diketinggian 2.000 mdpl hingga 3.100 mdpl, hampir mendekati puncak,” kata Kordinator Perlindungan dan Pengamanan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Kurnia Adi Wirawan.

Pihaknya saat ini masih berupaya melakukan pemadaman. Hal ini dilakukan agar api tidak merembet ke kawasan hutan di wilayah Ampel. Pasalnya, medan di Ampel sangat sulit sehingga akan menyulitkan petugas melakukan pemadaman.

Sejauh ini, upaya pemadaman masih menggunakan cara manual. Dampaknya, membutuhkan waktu lama untuk benar-benar membuat api padam.

“Kita belum punya strategi khusus untuk padamkan api, yang kita lakukan masih cara manual,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge