0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karya Ganjar Masuk Scopus

Eko Pras

Ganjar Fadhilah

Solo – Diantara wisudawan asal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) berpredikat Cumlaude, bernama Ganjar Fadhilah, S.Si. Ia lulus dengan IPK 3,89.

Bahkan saat kuliah berhasil menghantarkan hasil karya ilmiahnya lolos Jurnal Internasional terindeks Scopus. Boleh jadi, mahasiswa Strata 1 UNS yang berhasil masuk pada Jurnal Internasional.

“Alhamdulillah, karya saya berhasil lolos Jurnal Internasional berkat dorongan dan bimbingan Pak Ari (Dekan FMIPA UNS) dan bu Sayekti,” ujar Ganjar, Sabtu (5/9).

Karya yang dimuat pada jurnal internasional terindeks Scopus, menurut Ganjar, berjudul Modification of TiO2 Nanorods with Aminopropyltrimethoxy for Enhancement Efficiency of Solar Cells. Untuk membuatnya, mulai dari penelitian hingga penyusunan dibutuhkan waktu kurang lebih setahun.

Ganjar yang lahir di Bandung tanggal 27 Juni 1991 mengatakan bahwa untuk mengadakan penelitian di FMIPA, memang didukung sekali oleh pimpinan maupun dosen-dosen fakultas, bahkan tidak sedikit yang membantunya. Seperti halnya penyusunan tugas akhir atau skripsi, tidak ada kendala sama sekali dalam penyusunannya.

“Tugas akhir saya, berjudul Pelapisan Material Anti – Reflekting Zn O pada TiO2 Nanorods Termodifikasi untuk Peningkatan Kemampuan Konversi Energi Pada Sel Surya,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Dekan Fakultas MIPA UNS, Prof Dr. Ari Handono Ramelan mengungkapkan bahwa Ganjar memang memiliki prestasi di bidang riset, seperti halnya ikut di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), LKTI dan sebagainya. Contoh diantara hasil penelitiannya adalah ceker ayam, pupuk dan sebagainya.

“Artinya, mahasiswa bersangkutan memang sangat tertarik pada bidang riset dan menulis. Tinggal memotivasi,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge