0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buruh Pabrik Boyolali Masih Aman PHK

timlo.net/nanin

Buruh Boyolali masih aman dari PHK

Boyolali — Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika, berimbas banyak perusahaan yang limbung. Hal ini menyusul meningkatnya ongkos produksi berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, untuk buruh pabrik di Boyolali hingga saat ini masih aman dari ancaman PHK.

“Boyolali masih aman, belum ada gelombang PHK, untuk mengantisipasi hal itu, kita sudah buat perjanjian dengan Apindo, sebisa mungkin tidak melakukan PHK,” ungkap Kepala Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Boyolali, Purwanto, Jumat (4/9).

Dijelaskan, dalam kesepakatan tersebut, pihaknya mendorong pengusaha untuk mensiasati tingginya ongkos serta bahan baku produksi akibat menguatnya dolar dengan bijak tanpa harus melakukan PHK kepada karyawan. Seperti misalmnya memberdayagunakan seluruh karyawan, bila order perusahaan tinggi. Namun, bila orderan sedikit, karyawan yang masuk bisa selang seling.

“Yang jelas kita upayakan agar tidak ada PHK di Boyolali,” tambahnya.

Diakui, bila gelombang PHK tinggi, maka akan beresiko dan berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat. Untuk Kabupaten Boyolali terdapat 70 ribu karyawan yang hampir seluruhnya bekerja dibidang garment.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge