0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua MK: PT Jadi Pengeras Suara Konstitusionalisme

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat berharap, perguruan tinggi (PT) menjadi pengeras suara untuk menggemakan dan menginternalisasikan doktrin dan ajaran konstitusionalisme ke dalam praktik bahwa tegaknya hukum meniscayakan penghormatan sekaligus ketaatan terhadap putusan peradilan.

“Karena MK tidak memiliki lembaga khusus terkait pengimplementasian putusan-putusan MK di masyarakat. Di sinilah perguruan tinggi memiliki peran penting untuk mengeksekusi putusan-putusan MK,” jelas Arief didampingi Rektor UNS Prof Ravik Karsidi kepada wartawan di sela-sela acara Seminar Nasional “Optimalisi Peran Perguruan Tinggi dalam Implementasi Putusan MKRI Tentang Pembatalan Undang-undang Sumber Daya Air” di Fakultas Hukum UNS, Jumat (4/9).

Implementasi putusan-putusan MK, menurut Arief, sangat bergantung pada kesadaran hukum masyarakat. Oleh karena itu, perguruan tinggi bisa berperan dalam memperkenalkan dan menyosialisasikan putusan-putusan MK kepada masyarakat agar muncul kesadaran hukumdalam masyarakat tersebut.

“Baik melalui kajian-kajian ilmiah, desiminasi penelitian, yang dilakukan perguruan tinggi, melalui fakultas-fakultas yang sesuai dengan bidang putusan tersebut,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge