0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Yang Benar Untuk Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Dok: Timlo.net/ Google Images.
Berenang. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Kadang-kadang kita pernah mengalami situasi di mana telinga kita kemasukan air saat berenang atau mandi. Ada yang mengatasi masalah ini dengan menggunakan cotton bud atau pengering rambut.

Padahal jika kita memasukkan cotton bud terlalu dalam, kita bisa merusak gendang telinga kita. Dan jika menggunakan pengering rambut, udara panas yang keluar dari alat itu bisa melelehkan kotoran telinga dan membuat kotoran itu masuk ke saluran di telinga, kata Steven Rauch, M.D., seorang profesor otolaryngology dari Harvard Medical School.

Cara yang benar untuk mengatasi telinga yang kemasukan air adalah dengan menggunakan alkohol. Saluran telinga kita memiliki kulit berminyak yang rapuh yang membuat H20 mengumpul di atasnya, serupa dengan air hujan yang membentuk embun saat jatuh di mobil yang baru dicuci. Kita bisa mengatasi masalah ini dengan alkohol.

“Alkohol tidak akan menggumpal di permukaan kulit di saluran telinga, jadi bisa mengeluarkan air yang masuk ke dalamnya,” kata Dr. Rauch.

Basahi cotton bud dengan alkohol, berbaringlah menyamping dengan telinga yang kemasukan air berada di bagian atas. Teteskan alkohol yang ada di cotton bud hingga masuk ke telinga. Setelah itu, gerakkan kepala hingga telinga itu menghadap ke bawah supaya air yang masuk bisa keluar.

Sumber: Men’s Health.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge