0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan ke Rumah Diperbaiki, Mbah Ngatiyem Lega

dok.timlo.net/nanang rahadian
(dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Mbah Ngatiyem, warga Dusun Ngrawan RT 1/RW 1, Kelurahan Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar bisa bernapas lega. Pasalnya, jalan menuju rumahnya yang beberapa waktu lalu longsor diterjang banjir kini diperbaiki. Sejumlah personel Polsek Gondangrejo dibantu warga setempat, bergotong royong memperbaiki akses jalan menuju rumah terpencil yang dihuni janda berusia 70 tahun itu.

“Alhamdulillah, matur nuwun sanget. Mugi-mugi sing maringi sedaya dijunjung drajate, mundak pangkate, wilujeng, slamet,” tuturnya, usai menerima bantuan yang diserahkan Kapolsek Gondangrejo AKP Sugeng Riyanto, didampingi Camat Gondangrejo Bambang Tri Hastaryo, Kamis (3/9).

Mbah Ngatiyem yang tinggal di rumah bersama seorang anak dan satu cucunya, juga mendapat bantuan beras, gula, teh, serta sejumlah tikar untuk alas tidur. Sebab selama ini, mereka tidur hanya beralaskan karung plastik bekas yang dijereng di lantai tanah.

“Dulu kadang jadi buruh di sawah. Tapi sekarang kaki saya sakit. Jadi ya nganggur. Hanya nggaduh kambing orang,” ujarnya.

Kepala Dusun Ngrawan Wahyudi mengatakan, Ngatiyem pernah didata sebagai calon penerima bantuan rumah tidak layak huni (RTLH).

“Sudah didata sejak empat tahun lalu. Sudah diusulkan untuk menerima bantuan. Tapi sampai sekarang belum terealisasi,” tuturnya.

Dikatakan, rumah Ngatiyem dulunya tidak terisolir. Sebab ada banyak tetangga yang rumahnya berdekatan dengannya.

“Tapi tetangganya itu, kemudian pindah. Sementara Mbah Ngatiyem ini bertahan, karena tidak punya tanah selain yang ditinggalinya sekarang,” ujarnya.

Kapolsek Gondangrejo berharap Pemkab Karanganyar bisa membantu perbaikan rumah warga yang tidak layak.

“Saat ini, yang bisa kami lakukan bergotong royong memperbaiki akses jalan yang tergerus banjir. Agar rumah Mbah Ngatiyem ini tidak terlalu terisolasi,” jelasnya.

Sedangkan Camat Gondangrejo Bambang Tri Hastaryo mengatakan, Ngatiyem akan diupayakan mendapatkan bantuan renovasi rumah.

“Kalau dari kabupaten belum bisa, nanti akan diupayakan bantuan ke provinsi. Agar rumah yang dihuni lebih layak,” tuturnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge