0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

44 Warga Keracunan Setelah Makan Bubur

merdeka.com

Ilustrasi keracunan makanan

Timlo.net — Kepala Puskesmas, Bayongbong Elan mengatakan ada 44 pasien yang diduga keracunan dari dua desa Kecamatan Bayongbong. Warga mengalami keracunan yang diduga setelah menyantap makanan bubur sumsum hingga harus mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Sebagian besar diantara mereka adalah anak-anak dan wanita dewasa,” terang Elan.

Elan juga mengungkapkan, warga yang mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Bayongbong mengeluhkan sakit yang sama, yakni sakit kepala, mual, dan muntah-muntah.

Berdasarkan pengakuan sejumlah pasien, sambung Elan, mengeluhkan sakit setelah menyantap jajanan pasar berupa bubur sumsum yang dijual oleh pedagang langganannya.

“Mereka mengonsumsi jajanan pasar yang dijajakan pedagang,” bebernya.

Para pasien korban keracunan itu, masih menurut Elan, datang dalam waktu berbeda, sejak Senin, 31 Agustus 2015, kemudian Selasa (1/9) hingga, Rabu pasien terus bertambah.

Pihaknya telah memberikan penanganan medis meskipun ruangan rawat yang tersedia tidak mampu menampung jumlah pasien korban keracunan.

“Puskesmas kami tidak mampu menampung mereka semua, jadi sebagian lagi dirawat di lorong puskesmas menggunakan tempat tidur darurat,” ujar Elan, Rabu (2/9).

Sejauh ini Puskesmas Bayongbong telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Garut untuk menindaklanjuti kasus keracunan itu dengan mengambil sisa bubur sumsum dan muntahan pasien untuk dilakukan uji laboratorium.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge