0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Segera Tertibkan Branding Mobil

timlo.net/putra kurniawan

Branding pada mobil salah satu paslon

Sukoharjo — Panwaslu Kabupaten Sukoharjo segera menertibkan branding mobil dengan gambar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Menyusul telah adanya kesepahaman antara KPU Jateng dan Bawaslu Jateng terkait atribut kampanye yang tidak spesifik diatur dalam PKPU.

“Memang di dalam PKPU tidak diatur secara spesifik mengenai branding ini, sehingga banyak yang mengambil celah dengan dalih barnding juga salah satu bentuk stiker,” kata Anggota Panwaslu Sukoharjo, Ahmad Sutopo, Rabu (2/9).

Panwaslu menilai, branding mobil bukan termasuk kategori stiker, mengingat ukurannya yang cukup besar. Pasalnya, dalam kesepakatan, bahan kampanye berupa stiker ditetapkan berukuran 5×10 cm dan seharga tidak lebih dari Rp 25 Ribu.

Dalam waktu dekat Panwaslu bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian akan melakukan penertiban terhadap branding mobil ini. Meskipun sanksi hukumnya tidak ada, namun masuk pelanggaran kampanye dengan sanksi pembredelan dan moral.

“Memang tidak ada konsekwensi hukumnya, hanya saja kampanye itukan untuk meraih simpati calon pemilih, dengan tidak mengindahkan rekomendasi panwaslu artinya mereka tidak berbuat simpatik,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge