0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadwal Pemasangan Girder Meleset, Perjalanan Kereta Api Terganggu

timlo.net/nanang rahadian

Flyover Palur

Karanganyar – Pemasangan girder di atas rel kereta api Palur pada proyek flyover sempat mengganggu sejumlah perjalanan kereta api. Namun, PT KAI Daops VI tidak dapat memperinci kereta api apa saja yang terlambat.

“Padahal kami sudah memberi batasan waktu aman agar perjalanan kereta api tidak terganggu,” kata Manager Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko saat dihubungi wartawan.

Gatut menegaskan pembuatan jadwal pemasangan girder itu menyesuaikan jadwal kereta api dan kesiapan alat. Jadwal pemasangan berbeda. Penyelenggara proyek yang mengajukan permohonan pemasangan girder.

“Kami memaparkan waktu pemasangan yang aman. Kalau meleset ya seperti tadi, ada kereta api yg terlambat. Semoga ke depan tidak ada keterlambatan pemasangan, supaya semua berjalan lancar,” ungkap Gatut.

Pantauan wartawan, satu buah girder sudah berada di atas portal gantry yang melintang di atas rel kereta api. Girder ditarik ke atas sekitar pukul 06.00 WIB-07.40 WIB. Lantas, girder diluncurkan dan didudukkan ke penyangga antara pilar 4 (P4) dengan pilar 5 (P5) sekitar pukul 10.30 WIB.

“Jadwal atau window time itu sesuai arahan dari PT KAI Daops VI/Yogyakarta. Kami sudah prepare sejak pukul 05.00 WIB. Pemeriksaan alat dan lain-lain. Lalu jam 15.55 WIB akan memindahkan portal gantry. Portal akan diletakkan di barat dan timur rel kereta api,” kata Pengawas Lapangan PPK Kartasura-Surakarta Paket Flyover Palur, Satijo, Rabu (3/9).

Pihaknya tidak bisa meleset dari window time itu karena berkaitan dengan jadwal kereta api. Window time per hari berbeda tergantung jadwal kereta api dan kesiapan alat.

“Tadi memang sempat meleset dari jadwal karena alat. Agak terlambat,” ujar Satijo.

Mereka harus mengulangi proses itu sebanyak empat kali. Ada empat girder yang harus dipasang melintang di atas rel kereta api. Proses pemasangan bertahap karena lahan di sekitar lokasi flyover terbatas.

“Kami belum bisa memprediksi kapan pemasangan seluruh girder di atas rel kereta api itu rampung,” kata Satijo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge