0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah di Boyolali Keberatan Terapkan Lima Hari Sekolah

timlo.net/nanin

010915 Rata-rata sekolahan di Kabupaten Boyolali keberatan dengan penerapan program lima hari sekolah

Boyolali — Program lima hari sekolah yang digulirkan Pemprov Jateng, banyak sekolah di Kabupaten Boyolali yang keberatan dengan program tersebut. Hingga saat ini, Boyolali masih menerapkan enam hari sekolah.

“Rata-rata sekolah di Boyolali menyatakan keberatan dengan program lima hari sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Boyolali, Abdul Rahman, Selasa (1/9).

Dari hasil komunikasi dengan sejumlah sekolah, lanjut Abdul, mereka lebih memilih menerapkan enam hari sekolah. Pasalnya, dengan lima hari sekolah, beban siswa semakin berat. Belum lagi ditambah dengan kegiatan ekstra kulikuler dan les privat.

Kondisi sekolah di perkotaan, berbeda dengan sekolah di wilayah pelosok. Banyak siswa mesti menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai ke sekolah. Padahal dengan penerapan lima hari sekolah, pastinya ada pemadatan atau penambahan jam belajar mengajar di sekolah untuk mengejar waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Kalau benar-benar diterapkan di Boyolali perlu ada kajian lebih mendalam, selain itu penerapannya juga jangan dipukul rata, harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah,” tambahnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya dipanggil ke Pemprov Jateng untuk membahas rencana penerapan program lima hari sekolah. Bila nanti terpaksa harus diterapkan di Boyolali, pihaknya akan mengikutinya meski banyak sekolahan yang keberatan.

“Saat ini kita masih menerapkan enam hari sekolah, Senin sampai Sabtu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge