0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Asia Timur Butuh Banyak Perawat Panti Jompo

timlo.net/eko prasetyo

Pakar Keperawatan Chubu Gakuin University of Japan, Prof Akichika Mikami PhD

Solo – Pakar Keperawatan Chubu Gakuin University of Japan, Prof Akichika Mikami PhD mengungkapkan, saat ini negara-negara di Asia Timur, seperti Korea Selatan, Jepang dan Taiwan membutuhkan banyak perawat untuk panti jompo.

“Saat ini Taiwan butuh sekitar 200.000 perawat bagi lanjut usia (lansia) di panti-panti jompo,” ungkap Akichika saat menjadi dosen tamu di STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.

Akichika mengatakan, negara-negara di Asia Timur tersebut saat ini terjadi lonjakan jumlah penduduk lanjut usia, Berdasarkan hasil penelitian telah mendekati 25 persen dari total populasi. Seiring itu, ada kecenderungan dalam keluarga mereka untuk mengirimkan anggota lanjut usia ke pusat-pusat layanan lansia atau panti jompo.

Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, kehadiran Prof Akichika memiliki tujuan ganda, yakni untuk menghidupkan atmosfer akademik yang bernuansa internasional. Juga untuk membuka jalan bagi terbangunnya kerjasama (MoU) antara STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta dengan Chubu Gakuin University of Japan.

“Pakar Keperawatan ini adalah Dekan Fakultas Keperawatan Chubu Gakuin University of Japan,” ungkap Weni kepada wartawan, di Kampus STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Selasa (1/9).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge