0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Bebaskan Visa Untuk 47 Negara

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Pemerintah membebaskan visa kunjungan wisatawan bagi 47 negara mulai Oktober mendatang. Dengan demikian, Indonesia sudah memberlakukan bebas visa untuk 92 negara. Kebijakan ini diyakini bisa menggenjot kunjungan turis ke Tanah Air.

“Kenapa mesti lakukan ini? Karena ternyata bebas visa paling cepat menambah wisatawan, nggak perlu biaya,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, Selasa (1/9).

Berdasarkan evaluasi, kata Rizal, pembebasan visa tahap pertama yang menyasar 30 negara mampu menggenjot pertumbuhan kunjungan turis hingga 15 persen. Ini jauh di atas pertumbuhan normal yang sekitar 4 persen.

Pemerintah menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan dalam lima tahun mendatang. Kemudian, jumlah pekerja pariwisata naik dari sebelumnya 3 juta orang menjadi 7 juta orang.

“Devisanya USD 10 Miliar naik jadi USD 20 Miliar,” kata dia.

Sebenarnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengusulkan pembebasan visa turis untuk 50 negara. Namun, Rizal mencoret lima negara dan memasukkan Vatikan dan San Marino.

“Tadinya ada usul bebas visa akan mulai efektif Januari tahun depan. Kami katakan nggak bisa lama. Akan efektif Oktober memanfaatkan musim turis akhir tahun. Kalau Januari musim turis lewat.”

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge