0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paska Tahanan Kabur, Kondisi Ruang Tahanan Diperiksa

merdeka.com
ilustrasi tahanan kabur (merdeka.com)

Timlo.net — Polres Sukabumi, Jawa Barat mengumpulkan seluruh kapolseknya yang ada di wilayah hukumnya untuk membentuk tim supervisi pascakaburnya tujuh tahanan Polsek Cibadak pada Minggu, (30/8). Tim ini dibentuk untuk mencegah terjadinya kasus serupa dikemudian hari.

“Tim supervisi ini bertugas untuk memeriksa kondisi tahanan di Polsek masing-masing untuk antisipasi terjadinya kasus kaburnya tahanan seperti yang terjadi di Polsek Cibadak,” kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Sukabumi, AKP Sunarto di Sukabumi dikutip dari Antara, Senin (31/8).

Menurut Sunarto, walaupun kondisi bangunan dan ruang tahanan di masing-masing polsek yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi masih tergolong baik dan kokoh, tetapi antisipasi kaburnya tahanan tetap dilakukan. Nantinya tugas tim supervisi ini memeriksa secara rutin kondisi tahanan apakah masih layak atau tidak dengan tujuan untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti tahanan yang melarikan diri dengan cara menjebol tahanan itu.

Selain itu, seluruh anggota baik yang bertugas di polres maupun polsek untuk selalu siaga dan tidak lalai dalam melaksanakan tugasnya, jangan sampai kasus ini kembali terjadi. Apalagi kasus kaburnya tujuh tahanan ini menjadi ‘tamparan’ bagi lembaga tersebut yang saat kejadian para tahanan itu dijaga oleh tujuh orang anggota.

“Ketujuh petugas yang piket di hari kaburnya ketujuh tahanan di Mapolsek Cibadak sudah diperiksa dan akan dikenakan sanksi baik administrasi maupun kedisiplinan,” tambahnya.

Adapun tujuh tahanan yang melarikan diri itu, Aja Abdul Latif (37) dan Ahmad Misbah (24) kasus pasal 363 KUHP, kemudian Ali Hamdani (26) terjerat kasus kasus pasal 369/378 KUHP, Nanang Kusyana (44) kasus pasal 378 KUHP, Endan Firdaus (37) kasus pasal 363 KUHP, Usep Ruhiyat (35) kasus pasal 365 dan Jeni Jenal Abidin (27) kasus pasal 363 KUHP.

“Ketujuh tahanan yang melarikan diri ini sudah dalam pengejaran yang dibantu oleh petugas dari Polda Jabar, Polres Sukabumi Kota maupun anggota polisi yang berada di perbatasan,” kata Sunarto.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge