0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Budi Suharto : PNS Harus Netral

dok.timlo.net/red
Budi Suharto (dok.timlo.net/red)

Solo – Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Balaikota Solo mengucapkan deklarasi netralitas PNS dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak 9 Desember 2015 mendatang. Deklarasi ini penting untuk mengingatkan kembali kepada PNS agar menjaga sikap dalam pilkada. Ada lima poin deklarasi yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) setempat, Subagyo.

“PNS harus netral, dan tidak memihak siapapun. Selama masa kampanye, PNS juga akan menjaga iklim agar tetap kondusif, serta menjaga soliditas dan solidaritas,” ungkap Subagyo, Senin (31/8).

Sementara Penjabat Walikota Solo, Budi Suharto menegaskan hingga saat ini tidak ada PNS yang ikut dalam aktivitas politik. Dirinya mengatakan telah menjalin koordinasi dan membentuk sebuah tim untuk menjaga dan mengawasi netralitas PNS di jajarannya. Tim tersebut terdiri dari Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) hingga melibatkan Pengawas Pemilu.

Dia juga berjanji akan menindak tegas jika memang ada PNS yang kedapatan ikut dalam mendukung salah satu pasangan calon. Dikatakan hal itu merujuk pada aturan Peraturan Pemerintah (PP) 37/2004 tentang Netralitas PNS dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS.

“Saya minta masyarakat turut mengawasi, dan melaporkan jika memang ada oknum PNS yang terlibat dalam kampanye pilkada,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge