0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau Panjang Berdampak Pada Kenaikan Harga Tanaman Hias

timlo.net/setyo puji s

Pemilik Kios Sugeng Taman Dekorasi, Ferry Aprianus saat menyirami tanaman hias miliknya.

Solo – Sejumlah pedagang pot dan tanaman hias di wilayah Solo mulai menaikan harga barang daganganya. Hal itu terjadi karena dampak musim kemarau dan menguatnya nilai tukar dolar.

“Untuk harga pot plastik sudah naik sejak sepekan terakhir. Rata-rata kenaikan sekitar 10 persen jika dibandingkan dari biasanya,” ujar pemilik kios bunga Aneka, Dwi Prihatini kepada wartawan, Senin (31/8).

Dirinya mengatakan, naiknya harga pot tersebut karena menyesuaikan harga beli dari pabrik. Atas naiknya harga jual tersebut menurutnya tak sedikit para pelangganya yang mengeluh.

“Awalnya para pelanggan kami sempat mengeluhkan, namun setelah kita berikan penjelasan mereka bisa mengerti. Untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp 4.500-Rp 12 Ribu,” jelasnya.

Hal sama juga diungkapkan penjual tanaman hias, Pemilik Kios Sugeng Taman Dekorasi, Ferry Aprianus. Pihaknya terpaksa menaikan harga jual daganganya karena menyesuaikan dengan biaya perawatan.

“Musim kemarau ini biaya perawatan tanaman naik. Baik untuk membeli pupuk maupun jumlah air yang digunakan,” terangnya.

Sedangkan untuk harganya sendiri, lanjut Ferry untuk  tanaman hias jenis cemara udang dari sebelumnya Rp 350 Ribu sekarang naik menjadi Rp 500 Ribu dan untuk pandan bali dari sebelumnya Rp 500 Ribu sekarang naik menjadi Rp 700 Ribu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge