0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Data Ulang IKM

timlo.net/nanin

Industri Kecil Menengah pembuatan sirup wortel di Selo Boyolali

Boyolali — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Boyolali melakukan pendataan ulang Industri Kecil dan Menengah (IKM). Saat ini, tercatat ada 600-an lebih IKM yang ada, mulai industri kecil hingga menengah. Pendataan IKM mengacu SK Menteri Koperasi dan UKM Nomor 20 tahun 2008 tentang kriteria IKM.

“Pendataan melibatkan perangkat desa, jadi nantinya mereka tahu potensi-potensi yang ada di masing-masing wilayahnya,” kata Kepala Disperindag, Suyitno, Senin (31/8).

Untuk pendataan sendiri dilakukan untuk mengetahui jumlah pelaku dan macam usaha IKM yang ada. Data yang ada bisa dijadikan panduan untuk membuat program kegiatan sekaligus memberdayakan para pelaku IKM. Selain itu, juga digunakan untuk bimbingan dan pelatihan, pembinaan dan pemberian bantuan peralatan.

“Data yang masuk juga akan kita gunakan database,” tambahnya.

Ditambahkan, kegiatan usaha yang masuk industri kecil yakni usaha kegiatan ekonomi yang nilai investasinya maksimal Rp 50 juta diluar nilai gedung dan aset lainnya. Sedangkan industri menengah memiliki nilai investasi mulai Rp 50 juta hingga  Rp 500 juta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge