0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ada Tembusan Kampanye, Panwaslu Kesulitan Pantau Calon

timlo.net/daryono

Anggota Divisi SDM dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Solo, Asmuni

Solo — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo mengeluhkan sikap tim pemenangan pasangan calon (paslon) yang enggan memberikan tembusan pemberitahuan kegiatan kampanye ke Panwaslu. Lantaran tidak ada tembusan, Panwaslu mengaku kesulitan memantau kegiatan kampanye calon.

“Dari tanggal 27 Agustus sampai sekarang hanya satu tembusan yang masuk. Kegiatan kampanye PDIP, Minggu (30/8) kemarin. Untuk AFi, Sabtu (29/8) dan hari ini tidak ada tembusan,” kata Anggota Divisi SDM dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Solo, Asmuni kepada wartawan, Senin (31/8).

Padahal dalam rapat koordinasi kampanye antara Panwaslu, KPU dan tim pemenangan calon, sudah disepakati setiap kegiatan kampanye harus melaporkan ke Kepolisian tiga hari sebelum pelaksanaan. Pemberitahuan itu juga harus ditembuskan ke KPU dan Panwaslu maksimal satu hari sebelum pelaksanaan. Kalau nekat tidak menyampaikan pemberitahuan, kampanye bisa dibubarkan.

“Kita sudah merekomendasikan ke KPU agar dibentuk tim kecil yang terdiri KPU, Panwaslu dan Kepolisian. Tim ini akan mengundang paslon untuk mengantispasi agar tim pemenangan lebih tertib menyampaikan pemberitahuan kegiatan,” jelas dia.

Lantaran tidak menyampaikan tembusan kegiatan kampanye ke Panwaslu, Asmuni mengaku tidak bisa memantau kampanye calon. Seperti hari ini, Asmuni juga tidak mengetahui adanya kampanye Anung Indro Susanto di Panti Wredha Dharma Bhakti, Kelurahan Pajang, Laweyan.

“Kita bingung juga karena tidak terima tembusan. PPL (Petugas Pengawas Lapangan – Red) juga tanya, ini sudah masa kampanye, kok tidak ada pemberitahuan,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge