0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perlu 220 Hari Genangi Waduk Jatigede

dok.merdeka.com

Waduk Jatigede

Timlo.net – Butuh waktu sedikitnya 220 hari untuk menggenangi Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Waduk terbesar kedua setelah Jatiluhur ini diresmikan, Senin (31/8) ini.

Waduk Jatigede diresmikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia Basuki Hadimuljono mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hadir Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wakil Bupati Sumedang Eka Setiawan.

“Ini butuh waktu 220 hari untuk mengisi (Waduk Jatigede),” kata Basuki, Senin (31/8).

Keberadaan Waduk Jatigede sendiri disebutkan dia, dapat mengatasi masalah sumber daya air di beberapa wilayah Jabar, meliputi Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Ada 26 desa dari lima kecamatan yang terdampak dengan pembangunan Jatigede tersebut. Dia mengklaim, secara berangsur masalah sosial dan budaya bisa diselesaikan.

“Kalau dari data samsat (sistem manunggal administrasi satu atap) ada 95 persen lebih yang sudah terbayar,” ujarnya.

Ada lebih dari 10.900 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak pembangunan tersebut.

Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung Trisasongko Widianto mengatakan, keberadaan waduk Jatigede ini dapat mengaliri area pertanian seluas hingga 90 ribu ha di Indramayu dan Cirebon, pengendalian banjir dan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) 110 MW.

“Tantangan dalam pembangunan yang sudah dilakukan sejak 1963 itu terkendala teknis atau non teknis, misalnya alam, geologi dan masalah sosial. Tapi masalah sosial bisa diselesaikan,” tandasnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge