0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cabuli Ponakan, Paman Divonis 7 Tahun Penjara

Pengadilan Negeri Solo (dok.timlo.net/gg)

Solo — Pengadilan Negeri (PN) Solo menjatuhkan vonis terhadap Guntur (46), pelaku perbuatan cabul terhadap keponakannya berinisial DA (15) dengan hukuman tujuh tahun penjara. Vonis yang dibacakan Ketua Majelis Hakim, Mion Ginting ini lebih rendah dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa dengan hukuman selama 10 tahun.

“Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana selama tujuh tahun subsider dua bulan penjara,” kata Mion membacakan vonis hukuman.

Sementara itu, JPU, Hasrawati mengungkapkan berdasarkan hasil pelaksanaan persidangan, terdakwa mengaku melakukan perbuatan cabul di rumahnya. Meski terdakwa membantah sering melakukan perbuatan cabul, namun bukti visum dari rumah sakit tidak terbantahkan.

“Majelis hakim kan punya pertimbangan sendiri dalam menjatuhkan hukuman. Awalnya, tuntutan sepuluh tahun, dan hakim akhirnya menjatuhkan hukuman tujuh tahun. Saya kira itu sudah sesuai,” kata Hasrawati.

Informasi yang dihimpun, perbuatan terdakwa dilakukan sejak korban berusia sembilan tahun. Korban yang ditinggal kedua orangtuanya lantaran terjadi perceraian tersebut, tinggal di rumah tantenya di kawasan Kelurahan Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo. Tante korban yang bekerja di tempat karaoke sering berangkat malam pulang pagi dan mempercayakan kepada terdakwa yang tak lain kakaknya itu untuk menjaga korban. Namun, tak disangka kesempatan tersebut digunakan terdakwa untuk melampiaskan perbuatan cabul korban korban.

Hingga akhirnya, pada Jumat (17/4) malam, perbuatan bejat yang dilakukan paman korban tersebut diketahui oleh anggota keluarga dan melaporkan ke tante korban. Mendengar hal tersebut, tante korban marah besar dan malaporkan kasus pencabulan anak di bawah umur tersebut ke pihak berwajib.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge