0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Wonogiri Desak KPU Percepat Pemasangan APK

dok.timlo.net/tarmuji
Ketua Panwaslu Wonogiri, Isnawati Solikhah (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Berkaitan dengan keterlambatan pemasangan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada, Panwaslu Wonogiri telah mengirim surat resmi ke KPU Wonogiri dengan nomor 272/240/Panwas-Wng/VIII/2015.

“Intinya kita mendesak KPU untuk secepatnya memasang APK yang difasilitasi KPU,” ujar Ketua Panwaslu Wonogiri, Isnawanti Solihah, Senin (31/8).

Menurutnya, masa kampanye sudah mulai tanggal 27 Agustus, namun sampai sekarang KPU belum melakukan pemasangan APK. Dikatakan ,walau semua butuh proses namun tak ada jeleknya bila pihaknya mengingatkan KPU agar proses itu dipercepat.

“Lambannya KPU dalam memasang APK, mempersulit Panwas dalam melakukan pencopotan APK yang dipasang oleh masing-masing pasangan calon. Sebab mereka selalu beralasan kalau APK itu penting dan sampai saat ini KPU belum melakukan pemasangan,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir, melalui Divisi Hukum, Pencalonan, Kampanye dan Pengawasan, Joko Wuryanto mengakui, kalau ada keterlambatan dalam pemasangan APK.

‘’Untuk kebutuhan APK di Wonogiri nilainya lebih dari Rp 200 juta sehingga pengadaannya harus dilelang. Untuk proses lelang sudah berjalan jauh-jauh hari. Sedangkan kendala yang menyebabkan sampai saat ini belum bisa dipasang, pemenang lelang tidak bisa serta merta mencetak karena harus menunggu hasil undian nomor urut calon. Selain itu, dari pihak Paslon juga merubah desain yang pernah dikirim ke KPU,’’terangnya.

Ditambahkan, KPU telah terus mendesak pemenang lelang untuk segera mencetak APK. “Sesuai kesepakatan yang termuat dalam perjanjian antara KPU dan Pemenang lelang, APK akan dipasang antara tanggal 7 sampai 19 September,’’ tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge