0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Capim KPK Tersangkut Kasus, Istana Tidak Intervensi

dok.merdeka.com

Pramono Anung

Timlo.net – Pihak istana menyerahkan sepenuhnya kasus calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tersangkut masalah hukum kepada Polri.

“Kami tidak ingin intervensi pada proses hukum pada siapa pun karena itu ranah penegakan hukum. Saya sampai hari ini tidak tahu (siapa yang jadi tersangka),” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Senin (31/8).

Pramono menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga tak ingin mencampuri urusan penegak hukum. Presiden baru besok menerima secara resmi daftar nama-nama calon pimpinan KPK yang dinyatakan lolos oleh panitia seleksi.

“Dan saya juga yakin bapak presiden dalam persoalan-persoalan itu juga tidak ingin ikut campur. Maka apa yang akan disampaikan diumumkan oleh Bareskrim ya kita tunggu saja. Tapi yang jelas bahwa catatan yang diberikan pada pansel diberikan dari berbagai sumber, bisa dari Bareskrim, PPATK, BIN kemudian dari masyarakat,” jelas Pramono.

“Itulah yang kemudian dijadikan acuan. Bukan semata mata dari Bareskrim saja. Maka dengan demikian kalau besok itu bisa diserahkan kemudian nama-nama itu udah ada. Maka proses ke depannya tidak akan mengalami keterlambatan karena waktunya cukup,” imbuhnya.

Pramono menambahkan, presiden tidak akan melakukan koreksi apapun terhadap nama-nama yang dikirimkan oleh Pansel KPK. Presiden akan meneruskan nama-nama sebagaimana seleksi yang dilakukan pansel ke DPR tanpa mengoreksi nama-nama.

Pramono menampik bila molornya penyerahan nama-nama dari pansel KPK karena berkaitan dengan penetapan salah satu calon pimpinan oleh Bareskrim. Salah satu sebab utamanya karena pekan lalu jadwal presiden sangatlah padat.

[ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge