0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Unik Ini Ungkap Jika Seseorang Adalah Psikopat

Menguap

Dok: Timlo.net/City-connect.org

Menguap

Timlo.net—Istilah psikopat membuat orang-orang merasa nervous. Pastinya kita tidak suka membayangkan jika salah seorang teman atau kenalan kita ternyata seorang psikopat. Lantas bagaimana caranya untuk tahu jika seseorang yang kita kenal adalah psikopat?

Para ilmuwan bisa menolong Anda untuk mengetahuinya. Mereka menemukan sebuah cara yang unik untuk mendeteksi jika seseorang memiliki kecenderungan menjadi psikopat: lihat bagaimana mereka menguap.

Sebuah penelitian baru yang dirilis di jurnal Personality and Individual Differences menemukan jika orang dengan kecenderungan psikopatik jarang menguap saat mereka melihat orang lain menguap. Padahal dikatakan menguap itu cenderung menular ke orang lain dengan mudah.

Untuk penelitian itu, para ilmuwan meminta 135 mahasiswa menyelesaikan test the Psychopathic Personality Inventory-Revised (tes untuk menentukan tingkat psikopatik) dan lalu menempatkan mereka pada situasi yang didesain supaya mereka menguap sebagai respon.

Mereka mendapati jika mahasiwa yang memiliki skor tinggi dalam skala psikopat, tidak menguap saat orang lain menguap. Anda mungkin sering mendengar kata psikopat tapi bingung apa sebenarnya makna kata itu. Psikopati adalah sebuah gangguan anti sosial, tapi tidak seperti gangguan anti sosial lainnya, penderitanya kekurangan komponen emosional. “Walaupun seseorang bisa bersikap antisosial dalam arti mereka menjadi kejam atau pendendam, mereka mungkin masih bisa memproses aspek emosional dari sebuah situasi,” kata pemimpin penelitian Brian Rundle, seorang peneliti dari Baylor University.

Psikopat, di sisi lain, mungkin memiliki sikap suka mengontrol, narsisistik, tidak mampu membentuk ikatan emosional yang kuat dengan orang lain, gagal belajar dari hukuman, tanpa perasaan, dan hanya memiliki sedikit rasa bersalah.

Dia tidak yakin kenapa menguap dan psikopat itu berhubungan. Tapi Brian berkata jika psikopat atau orang yang memiliki kecenderungan psikopatik sering mengalami kesulitan mengenali perasaan orang lain. Orang-orang normal biasanya bisa mengenali dan berempati dengan perasaan orang lain dengan mudah.

Saat seseorang menguap, orang lain perlu memproses banyak isyarat sosial dan membalas dengan menguap. Sementara psikopat mungkin kesulitan untuk mendeteksi kondisi mental atau emosional dari orang yang menguap itu. “Mereka melihat seseorang menguap dan tidak merasakan apa-apa,” kata Brian.

Tentunya bukan berarti jika seseorang tidak menguap saat orang lain menguap, maka dia adalah psikopat. “Ada banyak alasan kenapa orang tidak ikut menguap, walaupun menguap itu dikatakan mudah menular,” kata Rundle, menambahkan jika diagnosis jika seseorang psikopat memerlukan evaluasi klinis dan tes.

Jadi, jika pasangan Anda tidak menguap saat Anda menguap, jangan ketakutan. Tapi jika Anda sering bergaul dengan seseorang yang terlihat jauh secara emosional, egois, licik dan tidak menguap saat Anda menguap, maka berhati-hatilah.

Sumber: Women’s Health.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge