0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

38 Kelompok Seni Ikuti Festival Tari Rakyat

timlo.net/nanin

Festival Tari Rakyat

Boyolali — Sebanyak 38 kelompok seni dari 19 kecamatan di Kabupaten Boyolali, mengikuti Festival Tari Rakyat di Alun-alun Boyolali, Minggu (30/8). Kegiatan ini dalam rangka melestarikan seni tradisional yang banyak berkembang di Boyolali.

“Kita ingin generasi muda tidak melupakan seni tradisional, di Boyolali hampir setiap desa memiliki kesenian tradisional,” ujar Kepala Disbudpar Boyolali, Mulyono Santoso.

Selain itu, juga memberikan wadah bagi kelompok kesenian untuk berkreasi. Para peserta ini nantinya akan memperebutkan piala bergilir bupati dan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta rupiah. Setiap peserta diberi waktu 7 menit untuk menampilkan tarian. Berbagai kesenian yang ditampilkan, tari perang-perangan, tarian gunung dan anguk. Ada juga peserta yang menampilkan tarian dengan iringan musik dari derigen plastik dan bak sampah. Perpaduan musik yang dihasilkan memukau penonton.

“Penilaian antara lain meliputi kekompakan, seragam, gerakan dan iringan musik,” tambahnya.

Sementara itu, Festival Tari Rakyat ini mendapat perhatian ribuan masyarakat. Meski dibawah terik matahari, tidak menyurutkan masyarakat untuk melihat satu demi satu kelompok yang mementaskan kreasi mereka.

“Panas, tapi tarian-tarianya sangat menghibur,” ucap Santoso, warga Jelok, Cepogo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge