0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Gajah, Warga Beri Pakan ke Manohara

timlo.net/daryono

Bule memberikan pakan pada gajah manohara

Solo – Sejumlah warga yang peduli dengan satwa menggelar aksi peduli gajah di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Minggu (30/8). Selain membersihkan area TSTJ, warga juga mengumpulkan donasi untuk membeli pakan gajah.

“Kegiatan ini untuk memperingati Hari Gajah pada 12 Agustus. Kondisi gajah di sini memprihatinkan. Butuh perhatian. Dengan aksi ini kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan gajah,” kata Koordinator Berbagai Untuk Peduli TSTJ, Firli Safirani kepada wartawan.

Menurut Firli, perawatan Gajah di TSTJ semestinya bisa lebih bebas. Gajah tidak perlu dirantai kakinya agar tidak stress. Dari sisi pakan, gajah-gajah itu juga harus diperhatikan.

“Kita sudah menggalang dana untuk pakan gajah. Sampai saat ini terkumpul Rp 1,5 juta,” ujar dia.

Dalam aksinya, warga memberikan pakan langsung kepada Mahohara, Jati dan Dian. Manohara merupakan gajah betina berusian enam tahun, anak dari Jati dan Dian. Dua gajah suami istri itu berusia kurang lebih 20 tahun. Beberapa bule juga terlihat ikut memberikan pakan secara langsung.

Safira menambahkan, secara umum, kondisi gajah di Indonesia juga memprihatinkan. Habitat gajah semakin menipis lantaran dipakai untuk perkebunan sawit. Penurunan habitat gajah hampir 84 persen. Wilayah Sumatra yang dikenal banyak memiliki populasi gajah saat ini jumlah gajahnya tinggal 270-an.

“Gajah di sana banyak yang diracun, diburu, dan dianggap sebagai hama,” tutur dia.

Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo mengatakan kegiatan bersih-bersih warga di TSTJ bagian dari rangkaian perayaan 17 Agustus. Kegiatan berupa membersihkan sampah, membersihkan lingkungan dan kepedulian satwa TSTJ.

Ditanya soal gajah yang dirantai, Bimo menyatakan gajah dirantai agar dilatih menjadi jinak. Saat ini yang dirantai hanya satu gajah yakni Manohara.

“Di hari Minggu, Jati dan Dian dilepas rantainya untuk pengunjung yang naik gajah,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge