0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indikasi Persekongkolan, JPU Akan Dilaporkan ke Komisi Kejaksaan

timlo.net/achmad khalik

Sejumlah bukti jual beli antara terdakwa dan pelapor

Solo — Kuasa hukum terdakwa kasus penggelapan dan penipuan senilai Rp 3,1 Miliar, Umar Edrus Al Habsy tidak terima dengan dakwaan serta penahanan yang dilakukan oleh pihak PT Safarijunie Indotex Industry (safaritex). Menurutnya kasus yang dialami kliennya merupakan masalah perdata.

“Kami melaporkan jaksa yang menangani kasus tersebut ke Komisi Kejaksaan Republik Indonesia,” terang Adi Sunanta, baru-baru ini.

Kasus yang dihadapi kliennya, kata Adi, berawal dari perjanjian jual beli kain dengan PT Safaritex disertai kontrak-kontrak berdasarkan Kontrak Penjualan. Namun ada permasalahan terkait pembayaran dan oleh pihak Safaritex diajukan ke ranah pidana. Pihaknya menilai, penyidik tidak cukup bukti yang menunjukkan adanya unsur pidana dari perkara yang dituduhkan PT Safari kepada kliennya. Sehingga, terkesan sangat dipaksakan.

“Kasus ini tidak cukup bukti untuk dibawa keranah pidana, jadi terkesan sangat dipaksakan,” jelasnya.

Sejumlah kejanggalan yang diyakini oleh pihak terdakwa, salah satunya Surat Perintah Penahanan / Pengalihan Jenis Penahanan Nomor PRINT-1510/O.3.11/Epp.2/08/2015. Dalam bagian dasar nomor (6) yang berbunyi ”saran pendapat dari Jaksa Yuniken Pujiastiti”. Pada bagian Pertimbangan nomor (b) yang berbunyi “Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Penyidik, diperoleh bukti yang cukup, terdakwa diduga keras melakukan tindak pidana yang dapat dikenakan penahanan dan dikhawatirkan akan melarikan diri, merusak dan menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana”.

“Pertimbangan jaksa tidak jelas dalam menyatakan perkara yang dilaporkan dalam hal ini adalah suatu tindakan pidana, hal ini menunjukkan betapa Jaksa yang bersangkutan tidak memahami hukum yang berlaku,” tandas Adi.

http://www.timlo.net/baca/68719635876/penipuan-rp-31-miliar-ini-tanggapan-kuasa-hukum-terdakwa/

http://www.timlo.net/baca/68719635876/penipuan-rp-31-miliar-ini-tanggapan-kuasa-hukum-terdakwa/

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge