0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korsel Lebih Maju Dari Indonesia, Ini Alasan Versi JK

dok.merdeka.com

Jusuf Kalla

Timlo.net – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Indonesia dan Korea Selatan merupakan negara sebaya, sama-sama berusia 70 tahun. Namun, Korsel telah menyalip Indonesia jauh lebih dahulu untuk menjadi negara maju.

“Namun jika kita membandingkan dengan negara di Asia, khususnya Asia Selatan, maka Indonesia berkondisi lebih baik dibanding negara tetangga,” jelas JK, Jumat (28/8).

Akan tetapi, Wapres JK mengingatkan Indonesia saat ini akan bergerak lebih agresif. Pasalnya, pemimpin Indonesia yakni Presiden Joko Widodo dan dirinya berlatar belakang pengusaha. Dengan begitu, mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk menggenjot perekonomian.

Wapres mengatakan Indonesia paham apa yang diperlukan oleh investor serta pengusaha untuk bekerja sama dengan Indonesia guna membangun ekonomi. Kendati ekonomi saat ini sedang mengalami perlambatan, namun, JK yakin Indonesia dapat kembali bangkit secara positif di masa mendatang.

Maka dari itu, dirinya mengajak Korsel untuk meningkatkan partisipasi dalam kerja sama bidang ekonomi dengan Indonesia.
“Indonesia dan Korsel sejak beberapa tahun lalu telah menjadi negara sahabat dan memiliki hubungan yang amat kuat,” kata JK.

Wapres mengakui kesalahan, selama beberapa tahun lalu bergantung kepada ekspor komoditas dan bahan baku mentah. Namun dia menjelaskan pada saat ini akan meningkatkan ekonomi Indonesia lebih baik.

Salah satunya dengan telah melarang ekspor barang mentah dan membangun smelter bahan mentah logam untuk dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan. Wapres juga mengatakan Indonesia memiliki pasar yang besar dengan total sekitar 250 Juta penduduk.

“Kami mengerti bagaimana pembangunan di Korea Selatan, bagaimana industri menjadi sangat penting bagi ekonomi,” jelas JK.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge