0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aktor Intelektual Pembajak Kapal Tangker Ditangkap

merdeka.com

ilustrasi pembajakan

Timlo.net — Setelah lebih kurang 1,5 bulan menjadi target Daftar Pencarian Orang (DPO), Albert Yohaner (AY) akhirnya diringkus oleh Tim Gabungan Western Fleet Quick Response (WFQR) Koarmabar.

Pelaku diduga sebagai aktor intelektual di balik drama pembajakan kapal tangker MT Orkom Harmony yang hilang kontak pada kontak pada tanggal 11 Juni 2015. Dia ditangkap di Apartemen Mediterania 1 Kavling 5-9, Jl Duren Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

“Albert Yohanes (AY) yang diduga sebagai aktor intelektual di balik drama pembajakan kapal berbendera Malaysia,” ujar Kadispen TNI Angkatan Laut Kolonel M Zainudin, Jumat (28/8).

Zainudin mengatakan, keberhasilan penangkapan tersangka tersebut merupakan kerjasama dari tim WFQR Koarmabar. Dalam mencari kapal tersebut, pihak Malaysia Maritime Enforcement Agency (MMEA) melakukan kerjasama dengan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM), Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) dan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmabar.

Untuk menghindari masuknya kapal tersebut masuk perairan Republik Indonesia, Zainudin mengerahkan 6 KRI dan 1 Pesud masing-masing KRI Imam Bonjol-383, KRI Teuku Umar-385, KRI Parang-647, KRI Surik-645, KRI Clurit-641, KRI Kujang-642 dan Pesud Cassa U-618.

“Kapal MT Orkim Harmony akhirnya ditemukan oleh kapal TLDM pada tanggal 18 Juni 2015 di perairan Malaysia. Meskipun demikian, atas permintaan TLDM unsur-unsur Koarmabar diminta untuk tetap melakukan penyekatan dan dan petugas berhasil mengamankan 8 orang pelaku perompakan berhasil ditangkap di perairan Pulau Tho Chu Vietnam,” tandasnya.

[ren]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge