0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Ajukan 500 Formasi CPNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS) (dok.merdeka.com)

Wonogiri — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengusulkan jumlah kebutuhan PNS saat ini. Meski belum ada ketentuan resmi dari pemerintah pusat kapan waktu perekrutan CPNS, namun ada 500 formasi yang diusulkan, 40 persennya adalah formasi guru.

“Hanya saja sampai kapan penundaan tersebut belum ada informasi resmi dari pemerintah pusat. Hanya dijelaskan bahwa tahun ini ditunda,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandiyah, Jumat (28/8).

Sebelumnya Pemkab Wonogiri telah menerima surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait penundaan penambahan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) 2015. Tidak dijelaskan sampai kapan penundaan berlangsung. Pihaknya mendapatkan informasi, namun belum tahu secara pasti kebenarannya, bahwa rekrutmen CPNS bakal digelar pada 2016 mendatang.

“Ada penundaan atau tidak, kami tetap mengajukan kebutuhan CPNS. Karena memang sangat butuh,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut, jumlah terbanyak ada pada formasi guru. Rumanti mengatakan 40 persen dari jumlah formasi yang diusulkan adalah guru. Untuk dua formasi lain, yaitu tenaga kesehatan dan tenaga teknis masing-masing 30 persen. Menurutnya, saat ini jumlah guru di Wonogiri sebenarnya sudah mencukupi. Hanya saja sebagian besar masih terpusat di tengah kota. Dari 40 persen tersebut kebanyakan ada di daerah-daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto, mengatakan saat ini Wonogiri masih kekurangan guru. Untuk guru SD saja, mestinya tersedia 6.000 guru. Baik guru kelas maupun guru olahraga dan guru agama. Ia juga mengatakan, saat ini baru terpenuhi 50 persennya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge