0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDIP Tolak Serahkan Daftar Tim Kampanye Kelurahan ke KPU

timlo.net/daryono

Putut Gunawan

Solo — Partai pengusung pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo, PDIP Solo, menolak menyerahkan daftar tim pemenangan tingkat kecamatan dan kelurahan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. PDIP memandang komunikasi KPU dengan tim pemenangan cukup dengan tim kampanye tingkat kota.

“Tim pemenangan yang diserahkan ke KPU itu cukup tingkat kota. KPU mestinya melihat regulasi di PKPU Nomor 7/2015. Sudah jelas Tim Pemenangan hanya ada di tingkat kota. Kalau alasannya untuk memudahkan pleno data pemilih, ya itu tidak pas,” kata Ketua Tim Pemenangan Rudy-Purnomo, Putut Gunawan kepada wartawan, Jumat (28/8).

Putut memahami alasan KPU meminta daftar tim pemenangan hingga tingkat kelurahan agar saat dilakukan pleno penetapan daftar pemilih sementara (DPS) di tingkat kelurahan bisa dihadiri perwakilan dua tim pemenangan. Namun demikian, semestinya KPU tinggal mengirim surat ke tim kampanye tingkat kota. KPU tidak perlu berkomunikasi langsung dengan tim kampanye tingkat kelurahan atau kecamatan.

“Kalau memang harus ada rapat pleno, KPU tinggal berikan surat kepada kami dan kami akan menugaskan personil. Fungsionaris di bawah juga sudah kami bekali surat tugas,” beber dia.

Putut mengaku terganggu dengan sikap Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mengontaknya secara langsung meminta dikirimkannya tim pemenangan tingkat kelurahan. Tidak hanya satu PPS, banyak PPS di kelurahan beramai-ramai mengontak Putut. Bahkan PPS Kepatihan Wetan mengirim surat langsung ke rumah Putut.

Terpisah, Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan di PKPU memang hanya tim pemenangan kota yang harus diserahkan ke KPU. Pihaknya tidak masalah jika PDIP enggan menyerahkan tim pemenangan tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Kalau tidak mau ya tidak masalah. Kalau diserahkan pun ya kami tetap akan komunikasi dengan tim pemenangan tingkat kota,” beber dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge