0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Branjang Ikan Digasak Tim Gabungan

timlo.net/tarmuji

Branjang ikan

Wonogiri — Puluhan branjang atau jala tarik penangkap ikan yang berhasil digasak dan dihancurkan dengan menggunakan gergaji mesin. Pasalnya, keberadaan branjang selama ini meresahkan para nelayan Waduk Gajah Mungkur.

“Kami menggandeng Satpol PP dan Polres Wonogiri. Sasaran razia adalah branjang ikan yang didirikan di perairan WGM,” ungkap Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Rully Pramono Retno melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan, Heru Sutopo, Jumat(28/8).

Pihaknya juga mengaku geram dengan kemunculan branjang ikan di perairan WGM. Sudah cukup lama pihaknya mendapatkan laporan soal maraknya branjang yang membuat resah kalangan nelayan.

“Dari razia selama satu hari di awal pekan ini, tim berhasil menumbangkan puluhan peralatan branjang. Diantaranya 30-an tiang pancang, 20 tali penarik branjang, dan satu unit jala tarik,” jelasnya.

Dikatakan, keberadaan branjang tersebut biasanya berada pada jalur-jalur dari sungai. Semisal dari DAS Temon, Keduang dan beberapa titik di wilayah Kecamatan Eromoko. Titik-titik tersebut biasa disebut wilayah tapal kuda, lantaran menjorok ke dalam, sehingga jika dilihat dari perairan lepas, tidak akan terlihat. Masih lanjutnya, pembabatan peralatan branjang tersebut menurutnya untuk memberikan semacam shock teraphy bagi pemilik branjang. Diharapkan mereka tidak mau lagi memasangnya.

“Jadi branjang ikan itu didirikan di atas air menggunakan papan pancang. Sayang jalanya hanya berhasil kami babat satu buah. Sebagian besar ternyata sudah digulung dan dibawa pulang pemiliknya,” terangnya.

Ditambahkan, secara fisik, branjang terdiri dari beberapa bagian. Yakni, jala dengan ukuran kecil sebagai bagian utamanya, serta tiang-tiang pemancang dengan formasi empat persegi panjang. Jala yang keempat ujungnya telah diikatkan pada tali penarik, diletakkan dalam posisi menghadap keatas di dasar air. Selanjutnya, dalam beberapa menit sekali, jala akan ditarik. Pada setiap tarikan itulah, beragam ukuran ikan akan ikut tertangkap.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge