0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Politisi Ini Ragukan Kinerja Pansel KPK

dok.merdeka.com

Benny K Harman

Timlo.net – Prosedur seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai tidak jelas. Bahkan, hal itu dinilai jauh dari harapan masyarakat.

“Memang ada kesan pimpinan KPK yang sekarang ada di meja Pansel ini sepertinya jauh dari apa yang diharapkan oleh publik. Itu mengapa, karena metode yang dipakai oleh Pansel itu tidak jelas ya,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman, Jumat (28/8).

Menurutnya, tahap wawancara yang dilakukan Pansel KPK hanya mengecek pengetahuan kandidat Capim KPK. Mereka luput menanyakan terobosan pemberantasan korupsi ke depan.

“Yang kita butuhkan adalah apa metode yang dipakai pansel selama ini untuk mengetahui sejauh mana calon pimpinan KPK memiliki integritas yang teruji. Itu yang tidak kita lihat, lebih banyak pertanyaan itu berkaitan dengan pengetahuan, visi dia,” terang dia.

“Jauh lebih penting itu adalah instrumen yang dipakai oleh pansel untuk mendapatkan pimpinn KPK yang mempunyai integritas dan memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas korupsi,” lanjutnya.

Diketahui, Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti mengatakan, pihaknya memiliki lima kriteria dalam menentukan calon pimpinan KPK.

“Ada lima kriteria, pertama intergritasnya bagaimana, kedua kompetensi bersangkutan, ketiga adalah leadership, keempat independensi dan kelima pengalaman kerja. Dari hal itu kita bisa kira-kira bagaimana nanti dia bisa beri kontribusi ke KPK,” kata Destry.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge