0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunung Gandul Terbakar, Ancam Rumah Warga

dok.timlo.net/tarmuji
Hutan di Gunung Gandul, Wonogiri terbakar (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Lahan hutan rakyat dan hutan negara di wilayah Gunung Gandul, Kelurahan Giriwono dan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri terbakar. Dua unit mobil pemadam kebakaran serta satu unit mobil polisi harus disiagakan di sekitar rumah warga untuk mengantisipasi meluasnya api hingga pemukiman.

“Api melahap area milik Perhutani, semak belukar hingga lahan kayu Sono Keling terbakar. Kebakaran itu terjadi di petak 13 perbukitan Gunung Gandul, perbatasan Kelurahan Giriwono dengan Giripurwo,” ujar Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cubluk BKPH Wonogiri, Sukatno, Jumat (28/8).

Dikatakan, kali pertama titik api diketahui sejak Jumat (28/8) pagi. Api cukup susah untuk dipadamkan. Mengingat kobarannya yang cukup besar dibantu hembusan angin kencang. Bukan itu saja, medan terlalu terjal dan dipenuhi rantings erta daun kering yang sangat mudah terbakar.

“Kami hanya bisa berjaga-jaga supaya api tidak sampai merembet ke rumah. Kami takut kalau itu terjadi,” terangnya.

Sedang,upaya berjaga-jaga itu adalah dengan membersihkan sampah daun dan ranting kering di sekeliling hutan. Harapannya, saat tak ada sampah kering, api akan berhenti menjalar. Untuk asap yang ditimbulkan, menurutnya tidak sampai mengganggu pernafasan. Sebab asap ikut terbang bersama angin kencang.

“Kita juga meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran(Damkar) Wonogiri,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge