0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Relawan Bangun Posko Induk Pemadaman Kebakaran Lawu

timlo.net/nanang rahadian

Kebakaran Lawu

Karanganyar – Sejumlah relawan dari berbagai elemen masyarakat maupun dari TNI dan Polri sepakat mendirikan posko bersama. Posko ini berguna sebagai pusat pengendalian kebakaran yang terjadi di Gunung Lawu. Candi Cetho Kecamatan Jenawi dipilih sebagai tempat posko induk tersebut.

“Kami memang memilih Candi Cetho karena jaraknya paling dekat dengan titik api,” kata Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Inf Mathen Pasunda, usai pertemuan dengan sejumlah elemen di Markas BPBD Karanganyar, Kamis (27/8).

Menurutnya posko itu penting didirikan agar upaya pemadaman itu di bawah satu komando sehingga upaya pemadaman bisa lebih maksimal dari sebelumnya. Selain itu dengan koordinasi yang baik nantinya para relawan tidak bekerja sendiri-sendiri yang justru bisa membahayakan keselamatan masing-masing.

“Mulai Kamis (27/8) posko sudah bisa digunakan dan mulai beroperasi,” jelas Dandim.

Dia menyebutkan, saat ini api belum berhasil dipadamkan. Berdasarkan pantauan yang ia lakukan saat ini kebakaran berada di tebing sebelah utara pos 4 jalur pendakian. Menurutnya sulitnya medan yang ada di lokasi kebakaran membuat berbagai upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil yang maksimal.

“Saya memantau langsung ke lokasi dan memang medannya cukup sulit, butuh waktu enam jam untuk tiba di titik api,” ucapnya.

Ke depannnya upaya yang bakal dilakukan adalah membuat parit untuk melokalisir api agar tidak meluas. Apalagi di sekitar lokasi kebakaran itu terdapat pipa air bersih yang disalurkan ke rumah warga yang ada di Kecamatan Jenawi. Jika pemadaman sulit dilakukan setidaknya sumber air dan saluran pipa air bersih itu tidak ikut terbakar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge